SEMINAR PERENCANAAN KARIR, DENGAN TEMA : “ Career Plan and Upgrade Self Value: Langkah Awal Menuju Masa Depan Gemilang”

TIGARAKSA, 12 Juni 2024/ 03 Dzulhijjah 1445 H – Melalui pertemuan Zoom Meeting Universitas Muhammdiyah A.R. Fachruddin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Pengembangan Karir (Career Development Center) mengadakan kegiatan pembinaan seminar perencanaan karir untuk seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang terdiri dari Program Studi Manajemen dan Akuntansi untuk seluruh mahasiswa aktif semester genap TA 2023/2024.

Pada awal sesi, bimbingan teknis ini diawali dengan pembukaan acara oleh Master Of Ceremony Ingkak Chintya M.Akt selaku perwakilan dosen dari Program Studi Akuntansi sekaligus panitia acara seminar. Dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin Sena Atmaja SE.,MM

Dalam sambutannya Sena Atmaja SE.,MM selaku Dekan FEB UNIMAR mengatakan bahwa Fakultas ekonomi dan bisnis senantiasa berkomitmen di awal-awal ini, dan ini merupakan awal juga buat saya di amanati sebagai dekan. Beliau mengucapkan juga ucapak kepada Kaprodi dan tim Kaprodi untuk selalu menekankan bahwa kita harus mempersiapkan masa depan anak-anak mahasiswa agar ke depan lebih mudah, jadi kita tidak menjamin ke depan akan masa gemilang tapi mempersiapkan dan membukakan Jalan agar teman-teman ke depan itu kesempatannya lebih besar peluangnya lebih probabilitasnya lebih tinggi dan mempersiapkannya. Dengan berbagai cara banyak hal dari fakultas ekonomi dan bisnis bersama dengan para Kaprodi dan Kepala bagian terkait terutama Lembaga pengembangan karir (Career Center Development) kita semua mempersiapkannya dan salah satu di antaranya adalah dengan diadakan seminar perencanaan karir seperti ini.

Selain itu Dekan FEB  juga mengatakan kepada seluruh teman-teman mahasiswa yang dibanggakan dalam dunia kerja itu sangat kompleks ya Secara akademik kita sedang mempersiapkan melalui perkuliahan, tetapi faktor-faktor lain pun harus kita siapkan banyak faktor yang nanti akan di-share oleh para materi/narasumber terkait dengan persiapan Apa sih yang harus disiapkan agar nanti ketika waktunya kita menjadi para pencari kerja (Seeker) ketika lolos itu dari Sarjana (S1) itu mau lanjut ke dunia kerja atau mau ber wirausaha itu kan perlu kesiapan-kesiapan yang memang faktornya tidak hanya faktor akademik. Jadi melalui seminar inilah kita dari fakultas ekonomi dan bisnis membangun strategi bagaimana teman-teman bisa mempersiapkan faktor-faktor apa saja sih yang memang harus dipersiapkan dalam menghadapi masa depan agar masa depan kita itu kesempatan peluangnya untuk lebih sukses itu lebih mudah. Fakultas ekonomi dan bisnis senantiasa mendorong teman-teman mahasiswa, Dekan FEB ingin dalam hal ini Bapak dan Ibu dosen membantu proses akademik di lingkungan fakultas ekonomi dan bisnis itu tidak hanya semata ceramah dan penyampaikan materi melalui media PPT, tapi ingin ada proses  pengalaman belajar.

Di mata kuliah yang dekan ajarkan, ada beberapa kegiatan yang memang melibatkan mahasiswa diantaranya kemarin saya bawa teman-teman ke Menara sudirman Said di Jakarta, kita berkunjung ke kantor sekuritas untuk melengkapi pasal-pasal materi yang kita ampuh ya. Apa yang didapatkan dari sana itu lebih kepada pengalaman wawasan kita terbuka, “oh iya ternyata dunia kerja itu luas loh”, kita bisa kok tembus kemana saja, bisa berkantor di Sudirman, dan juga Jakarta Pusat kita semua bisa yang penting kita siapkan kompetensinya dan pengalamannya serta keterbukaan pikiran (open mindset) terus kemudian mahasiswa pun terlibatkan dalam pengabdian. harapannya seluruh dosen yang lain pun demikian, rekan mahasiswa  dibawa untuk berpengalaman sebagai proses pengalaman belajar tidak hanya semata, jadi ada proses pengalaman yang memberikan stimulus untuk mahasiswa lebih terbuka dan lebih open mind, terus kemudian dalam mata kuliah yang lain seperti di bisnis digital yang sedang diampuh sekarang,  dekan mencoba melakukan pengalaman untuk berkolaborasi dengan dinas industri dan Perdagangan Kabupaten tangerang kita karena dalam bisnis digital sebagai pengalaman proses pembelajarannya adalah teman-teman mahasiswa ditugaskan untuk membuka toko online terus kemudian setelah nanti bisa membuka toko online kita akan bantu masyarakat UMKM yang ada di Kabupaten tangerang di bawah dinas Perindustrian untuk kita bukakan toko online. Itu adalah kan proses pengalaman yang terkadang ada hal-hal yang memang tidak tersirat ketika pembelajaran proses mengajar seperti biasa, jadi itu proses pengalaman yang ingin dekan sampaikan kepada Bapak dan Ibu dosen agar pembelajaran kita lebih praktis, terlebih lagi kita ke depannya akan sepenuhnya menganut kurikulum OBE yaitu Outcome Base Education di mana setiap pembelajaran itu harus ada outcomenya, selain itu harus ada luaran jadi luarannya tidak sekedar nilai, tidak sekedar tugas karya dalam bentuk paper atau misalkan dalam sebuah makalah tapi lebih dari itu.  Besar harapan bisa dalam bentuk sebuah produk, dan dalam bentuk sebuah jasa atau misalkan dalam bentuk sebuah apa kalau paper ya paper yang sudah dipublish kalau itu poster, poster yang sudah dihaki jadi outcome-nya jelas.

Dekan berpesan juga kepada Bapak dan Ibu Dosen pengajar juga Ketua prodi untuk mengarahkan ke depannya  pembelajaran di Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu memang berorientasi pada OBE dan semua harus ada luarannya, dan setiap luaran yang didapat itu adalah hasil dari proses pengalaman belajar jadi ada proses pengalaman yang tidak hanya dilaksanakan di kelas.

Dekan ingin mahasiswa-mahasiswa lebih siap dan lebih sigap. Bahkan dekan bersama ketua prodi ke depan itu mahasiswa semestar 6 dan 7 seluruh materi ajar sudah sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris. Kenapa demikian? Semua dikarenakan di era sekarang  bahasa Inggris menjadi sangat penting terlebih lagi kita menghadapi zaman era globalisasi yang sangat kuat. Mahasiswa UNIMAR tidak hanya bersaing dengan sesama orang tigaraksa, dan juga bukan bersaing dengan sesama orang tangerang saja namun kita bukan juga bersaing antar sesama warga Indonesia saja, akan tetapi saat ini kita ke depannya adalah seluruh warga dunia.

Dekan FEB ingin mempersiapkan semua itu, jadi jangan lihat kampus kita kecil gitu, teman-teman mahasiswa harus selalu tetap optimis. Fakultas bersama Ketua Prodi dan tim Program Studi akan mempersiapkan bagaimana teman-teman mahasiswa itu mendapatkan peluang yang lebih besar dan kesempatan yang lebih bagus untuk apa ?? itu untuk memperbaiki masa depan unimar dan masa depan teman-teman mahasiswa semuanya.

Teman-teman mahasiswa yang dibanggakan ikutilah seminar perencanaan karir ini dengan baik, Kedua pemateri saat ini yang diberikan FEB sangat handal ada Ibu Rina dari sisi praktisi dan beliau juga berkenan untuk menjadi dosen di program studi akuntansi. Selanjutnya pemateri kedua adalah pak Condro, pak Condro itu adalah seorang eduplomat. Pak Condro bekerja dalam praktisi akademis tapi mobilisasinya beliau go internasional, semoga membawa manfaat untuk saya dan seluruh dosen FEB dan khususnya untuk teman-teman mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis di Universitas Muhammadiyah.

Pada sesi materi pertama dalam kegiatan Seminar Perencanaan Karir FEB disampaikan oleh Rina Ambarwati S.E.,MM.,CPS.,CFRA beliau dosen dari Program studi Akuntansi UNIMAR sekaligus juga Corporate Accounting Supervision Dept PT Indonesia Nippon Seiki Multinasional Company Automotive Manufacturing.

Rina Ambarwati SE.,MM menyampaikan gambaran Program Studi Akuntansi  di Fakultas Ekonomi dan Bisnis secara umum yaitu tentunya pasti sudah tidak asing materi yang dipelajari adalah metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna  membantu pemangku kepentingan dalam proses pengambilan Keputusan. Jurusan ini juga sangat dekat dengan angka, khususnya segala sesuatu yang terkait dengan keuangan.  Meskipun begitu mahasiswa jurusan akuntansi tidak hanya belajar tentang cara menghitung uang, termasuk juga tentang manajemen, perpajakan, system informasi, hingga pengauditan.

Beliau menyampaikan juga Kenapa harus Jurusan Akuntasi ??

  • Setiap sektor membutuhkan staf dibidang akuntansi
  • Jenjang karir yang ditawarkan dibagian keuangan juga cukup menjanjikan
  • Jurusan ini sangat tepat bagi siapa saja yang ingin terjun ke dunia bisnis
  • Bisa membuka lapangan pekerjaan dengan mendirikan kantor sendiri seperti Kantor Akuntan Publik
  • Bisa Meningkatkan keunggulan dalam diri dengan mengambil Sertifikasi Profesional di bidang Akutansi
  • Bisa membuka Kantor Konsultan Pajak, bagi yg suka membantu orang lain. Dan bisa juga menjadi pengacara loh, pengacara pajak tentunya…

Perencanaan Karir dimulai saat menjadi Mahasiswa

  • Ambil kesempatan dan pengalaman baru di kampus
  • Cari pola dan gaya belajar yang pas
  • Maksimalkan IPK
  • Mengikuti organisasi di kampus
  • Bangun Relasi dengan teman, Dosen dan Sivitas
  • Mulai Eksplore lebih luas seperti join volunteer, mengikuti lomba atau kompetisi
  • Mengikuti seminar, boothcamp, untuk mengasah soft skill dan hard skill
  • Mencari informasi apply Internship
  • Mencari informasi tentang study Exchange dan Beasiswa.

Membuat Personal SWOT Analisis secara pribadi, seperti :

  • STRENGTH
  • Lulus Cumlaude
  • Pengalaman Organisasi
  • Percaya Diri, Jujur
  • Pantang Menyerah
  • Suka Belajar Hal Baru
  • WEAKNESS
  • Takut melangkah
  • Ragu-Ragu
  • Overthingking
  • Suka menunda pekerjaan
  • Belum punya sertifikat keahlian
  • OPPORTUNITY
  • Masih punya banyak kesempatan
  • Upgrade Skill Online Course
  • Perbanyak Literasi dengan membaca
  • Memperluas Networking

 

  • THREAT
  • Teman-teman sebaya terlihat lebih ahli
  • Keterbatasan waktu
  • Kelemahan faktor penghambat proses berkembang

 

Meningkatkan Soft Skill diantaranya dengan:

  1. Public Speaking
  2. Leadership & Critical Thingking
  3. Teamwork
  4. Networking
  5. Time Management

Kemudian disusul pemateri kedua yang disampaikan oleh Condro Nur Alim Ph.D selaku Dosen di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Beliau menyampaikan memiliki Minat penelitian pada

  1. Studi penerjemahan
  2. Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa
  3. Sosiolinguistik
  4. Pragmatik

Pembicara Pak Condro bertanya kepada mahasiswa What are your dreams? Misal memiliki mimpi menjelajah luar negeri, atau menjadi entrepreneur atau menjadi accounting, dan bisa juga menjadi manager.

Life Skills diabad 21 terdiri dari :

Pertama, Keterampilan belajar  yaitu ada Berpikir kritis, Kreativitas, Komunikasi dan berkolaborasi

Kedua, keterampilan literasi yaitu menggunakan Teknologi, Media dan  Informasi

Ketiga, Kecakapan hidup, Fleksibilitas, memiliki jiwa Kepemimpinan, Inisiatif dan Produktivitas sosial

Karakteristik pemikir kritis (Ruggiero, 2012) :

  • Akui keterbatasan pribadi
  • Lihat masalah sebagai tantangan yang menarik.
  • Memiliki pemahaman sebagai tujuan
  • Gunakan bukti untuk membuat penilaian
  • Tertarik pada ide orang lain
  • Skeptis terhadap pandangan ekstrem
  • Berpikir sebelum bertindak
  • Hindari emosionalisme
  • Tetap berpikiran terbuka
  • Terlibat dalam mendengarkan secara aktif

Tantangan yang dihadapi yaitu :

  • Manajemen diri
  • Distraktor
  • Tidak ada tujuan yang ditetapkan
  • Lambat beradaptasi
  • Kegagalan komunikasi

Lalu kita semua bisa go international dengan melibatkan global komunitas, caranya dengan :

  • Pengalaman Hidup
  • Jaringan internasional
  • Tingkatkan keahlian
  • Pemahaman lintas budaya
  • Soft Skills

Program yang Tersedia Untuk MahaSiswa misalnya,

  • Kredit earnings (SKS)
  • Praktik pengajaran internasional
  • Pengabdian masyarakat internasional di luar negara misal ke Malaysia
  • Erasmus+
  • SEAMEO (SEATVET/SEATEACHER)
  • Summer Program (pertukaran mahasiswa pada musim panas)

Persyaratan Umum yang harus mahasiswa capai :

Pertama, akademik nilai IPK mahasiswa dan penghargaan yang sudah didapatkan

Kedua, bahasa terdapat TOEFL, IELTS dan Duolingo

Ketiga, ada medical chek up dan adaptasi di negara yang akan didatangin

Langkah yang harus dilakukan :

  • Rekrutmen terbuka KUI Official
  • Seleksi
  • Training
  • Dan setelah lulus baru berangkat

Tips & Tricks   dari pembicara pak Condro yaitu :

Kita harus menilai kebutuhan yang menjadi prioritas, Mulai list semua kebutuhan, lalu kita list misal prioritas pertama sampai dengan prioritas terakhir. Kalau semua prioritas sudah kita siapkan lebih mudah untuk kita aplikasikan satu per satu. Hendaknya mahasiswa sering membuat prioritas agar pencapaian lebih cepat dan teroganisir

 

 

 

(Kepala Pusat Pengembangan Karir)

Back To Top