SEMINAR PERENCANAAN KARIR, DENGAN TEMA “ HOW TO BUILD A QUALITY AND IMPROVING PERSONAL CAREER”

TIGARAKSA – Pengembangan Karir Universitas Muhammadiyah A.R Fachruddin gelar bimbingan pengembangan teknis untuk seluruh mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

Bimbingan atau pembinaan teknis perencanaan karir yang diselenggarakan pada hari Rabu, 7 Agustus 2024 ini berbasis virtual menggunakan zoom meeting yang dengan dihadiri  60 peserta dari seluruh mahasiswa Fakultas Teknik Idan Ilmu Komputer dari 2 Program studi.

Pada awal sesi, bimbingan teknis ini diawali dengan pembukaan acara oleh Master Of Ceremony Annisa Risqi Sulistya Kusuma Wardhan M.Kom selaku perwakilan dosen dari Ilmu Komputer sekaligus panitia acara seminar. Dilanjutkan sambutan dari Dekan Prodi Teknik industri Karir Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin Sartono S.T., M.MT dan sekaligus membuka acara seminar dari fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

Dalam sambutanya Sartono, S.T., M.T selaku dekan Teknik mengatakan bahwa pentingnya membangun kualitas diri dan peningkatan karir pribadi, dimana kompetisi didunia kerja yang semakin ketat harus senantiasa meningkatkan kualitas diri agar mampu bersaing dan meraih kesuksesan. Kemudian dikatakan bahwa harus memiliki komitmen untuk terus belajar dan mengembangkan diri baik Pendidikan formal, pelatihan seminar dan membaca buku yang relevan sesuai bidang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Selanjutnya dalam sambutan Sartono, ST., M.T mengatakan bahwa harus membangun jaringan yang kuat, salah satu caranya dengan networking yang merupakan kunci sukses dalam berkarir. Apabila memiliki jaringan luas, makan akan memperoleh memperoleh informasi, kesempatan, dan dukungan yang mungkin tidak kita dapatkan sendiri.

Kemudian tak lupa Sartono, S.T., M.T mengatakan untuk selalu menjaga integritas dan etika dalam bekerja. Perlunya Profesionalisme dalam bekerja, kejujuran, dan tanggung jawab adalah nilai-nilai yang akan membedakan kita dari yang lain. Dengan menjunjung tinggi integritas, kita akan mendapatkan kepercayaan dan penghargaan dari rekan kerja maupun atasan.

Sambutan terakhir dikatakan bahwa kita harus bisa beradaptasi dengan adanya perbuhana dimana dunia akan terus berubah dan kita harus siap untuk berubah bersamanya. Fleksibilitas dan kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi baru adalah kualitas yang sangat berharga di dunia kerja saat ini. Dengan komitmen untuk terus belajar, membangun jaringan, menjaga integritas, dan beradaptasi dengan perubahan, saya yakin kita semua dapat membangun kualitas diri yang unggul dan meraih peningkatan karir yang kita impikan.

Pada sesi pertama dalam kegiatan dalam kegiatan seminar Perencanaan karir  disampaikan oleh Soerahman, S.T., M.T dbeliau dosen  sekaligus kaprodi dari program studi Teknik Industri menyampaikan dengan judul “Membangun kualitas Personal Meningkatkan Karier Menghadapi Industri 5.0” dimana maksud dan tujuan materi adalah:

  1. Mengetahui fakta peluang dan tantangan saat ini sehingga mampu menetapkan targer dan tujuan
  2. Mengenali dan memahami kekuatan dan kelemahan diri untuk melangkah secara tepat dan pasti meraih impian yang dicita -citakan
  3. Membangin personal branding meningkatkan kualitas diri
  4. Menyusun langkah strategi membangun kualitas personal & meningkatkan karier dimasa depan

Setiap orang memiliki personal branding, dan yang menilai adalah orang lain. Banyak orang gagal karena tidak punya tujuan hidup, maka pastikan kita harus punya tujuan agar kita menjadi orang sukses. Penyebab kegagalan diantaranya salah pergaulan dan malas contohnya sering tidur di kelas atau bolos untuk kuliah. Dari kegagalan orang, akan menjadi motivasi kita untuk sukses. Kemudian Soerahman S.T., M.T juga mengatakan cara memiliki personal branding diri kita, kreatif, jujur, disiplin. Apabila memiliki personal branding positif, akan dinilai selalu positif dari orang lain dan maka akan mudah dikenang dan peluang yang lebih besar, perbanyak jaringan pun sangat dibutuhkan. Sukses adalah sebuah perjalanan bukan tujuan.

Kemudian pemateri kedua yaitu Roynaldy Rosdiyanto, S.Kom., M.Kom  memaparkan materinya dengan tema Connecting People, Devices and Information. Dalam pemaparannya kita harus bisa mengenali potensi diri, dan cara untuk mengenalinya adalah:

  1. Memahami hakikat penciptaan manusia
  2. Menyapa dan mengenali diri
  3. Mengeksplor minat dan bakat
  4. Menetapkan tujuan
  5. Memberi tantangan bagi diri
  6. Mencari support system
  7. Menikmati proses

Hal – hal yang perlu diperhatikan ialah dengan menetapkan Tujuan yang jelas baik jangka pendek dan jangka Panjang. Untuk Tujuan Karir jangka pendek biasanya mencakup pencapaian dalam waktu beberapa bulan hingga 1-2 tahun. Tujuan Karir jangka Panjang biasanya melibatkan pencapaian yang lebih besar dan direncanakan untuk 3-5 tahun kedepan atau lebih. Tak lupa menggunakan metode “SMART”.

SMART: Spesific, Measurable, Acvhievable, Relevant, Time – Bound, dimana Goals yang harus dicapai dari SMAR adalah:

  1. Perencanaan lebih jelas dan terarah
  2. Memotivasi untuk mencapai target
  3. Mencapai tujuan tepat waktu
  4. Mengevaluasi dan melakukan perbaikan

Tak lupa meningkatkan kemampuan dengan cara:

  1. Mengikuti pelatihan, kursus, dan Sertifikasi
  2. Memanfaatkan Sumber Daya Online seperti : Udemi, Coursera, Doktortj, dll

 

Perlunya Memanage waktu untuk mencapai goals tersebut seperti:

  1. Membuat to do list harian
  2. Menentukan prioritas
  3. Memberikan deadline
  4. Belajar berkata tidak untuk menolak agenda dadakan
  5. Tentukan target lebih awal
  6. Fokus pada target
  7. Atur reminder, dan
  8. Selalu memberikan waktu luang pada jadwal mingguan

 

Pekerjaan – pekerjaan yang ada di bidang It antara lain:

  • Artificial Intelligence / Machine Learning Engineer
  • Data Scientist
  • Cloud Architect
  • Software Engineer
  • IT Consultant
  • Mobile Developer
  • Cyber Security
  • Internet of Thing (IoT)

Setelah dua pemateri menyampaikan materinya, tak kalah antusiame dari peserta untuk bertanya, berikut beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab dan langsung dijawab oleh pemateri:

  1. Bagaimana kita meningkatkan kemampuan dan personal branding jika terkendalla dengan low budget?
  2. Bagaimana tips dan trip agar dapat lolos diterima dalam perusahaan yangdilamar jika dalam posisi yangdilamar harus berpengalaman kualilifikasinya tetapi kami hanya fresh graduate?
  3. Mengenai materi Personal Branding, apa kesalahan umum yang harus dihindari dalam personal branding, karena kita sendiri masih belum membuat personal branding?
  4. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan problem – solvinb dalam konteks profesional/expert?, karena pada saat Troubleshooting sering kali buntu dan membingungkan
  5. Bagaimana cara membuat rasa percaya diri meningkat dengan pada dasarnya memiliki kelebihan di salah satu bidang yang sedang ditekuni?
  6. Bagaimana cara membuat To do list harian, apakah seperti menulis diary atau poin – poin tertentu saja untuk plan?
Back To Top